Perbedaan Sinar UVA dan UVB

  • Whatsapp
Perbedaan Sinar UVA dan UVB
Ilustrasi:@skincareazrina

Apa perbedaan sinar UVA dan UVB itu ia? terus pengaruhnya pada kulit kita apa sih.. mungkin kamu telah membaca bahkan mendengar bahwasannya menggunakan suncreen atau tabir surya dikulit dapaet melindungi dari bahaya radiasi sinar Matahari.

Baca Juga: Cara Memilih Produk Kosmetik yang Aman untuk Kulitmu

Sebelum mebahas lebih jauh kamu perlu tahu dulu apa itu radiasi. Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik / cahaya (foton) dari sumber radiasi. Dalam pembahasan kali ini tentangcewek.com memberikan informasi yaitu radiasi UVA, radiasi UVB dan UVC. Radiasi UV merupakan gelombang elektromagnetik yang dapat berasal dari sumber alam, seperti sinar matahari, serta sumber buatan. Sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet (UV) yang umumnya terdiri dari 3 jenis sinar matahari berdasarkan panjang gelombangnya yaitu sinar UltraViolet A (UVA) gelombang panjang, sinar UltraViolet B (UVB) gelombang pendek, dan sinar UltraViolet C (UVC) gelombang sangat pendek.Semakin pendek gelombang maka akan semakin pendek pula tingkat radiasinya. Tentunya sinar UVC lah sinar yg paling merusak. ⁣⁣⁣
Tapi, lapisan ozon bumi bisa mencegah sinar UVC sehingga hanya sinar UVA dan UVB yg bisa masuk dan berbahaya bagi manusia.⁣⁣⁣ Jenis sinar UV yang mungkin paling dikenal adalah sinar UVA dan UVB.

UVA atau Ultra Violet Aging, merupakan sinar yg paling banyak mencapai bumi yaitu sekitar 95% dan paling kuat loh Dear, UVA dapat menembus awan serta kaca. Jika kulitmu kurang proteksi, UVA mampu menembus lapisan kulit lebih dalam dan membuat permasalahan kulit seperti keriput, flek hitam, kulit kusam, dan yang paling parah bisa menyebabkan kanker kulit loh. UVB atau Ultra Violet Burning, memiliki manfaat baik untuk membentuk vitamin D pada tubuh. Eits, tapi terlalu lama terpapar sinar UVB juga gabaik loh, Permasalahan yg timbul karena terlalu sering terkena sinar UVB diantarnya adalah kulit merah, perih, terasa terbakar, hingga merusak melanin, sehingga membuat kulit cenderung lebih gelap, oleh karena itu banyak Dokter kecantikan menyarankan untuk memakai body lotion atau sejenisnya untuk menangkal hal tersebut.

Pos terkait